Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

Pembukaan MTQ Ke-55 MB. Ketapang Berlangsung Mariah

Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-55 tahun 2024 yang dirangkai sekaligus dengan  Festival Seni Qasidah (FSQ) tingkat Kecamatan Me...


Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-55 tahun 2024 yang dirangkai sekaligus dengan  Festival Seni Qasidah (FSQ) tingkat Kecamatan Mentawa Baru Ketapang di halaman masjid Assasuttaqwa Kelurahan Ketapang pada Jum'at Malam (1/3/2024) berlangsung mewah dan meriah.

Terlihat, masyarakat dengan antusias mengikuti rangkaian pembukaan musabaqah yang dihadiri langsung oleh Bupati Kotawaringin Timur tersebut. Tak hanya memadati halaman dan teras masjid, bahkan para warga mengikuti pembukaan MTQ dari luar pagar dan jalanan sekitar masjid. 

Menurut penuturan salah seorang warga yang rumahnya dekat masjid, acara MTQ tingkat Kecamatan MB. Ketapang sudah cukup lama tidak digelar di lingkungannya. "Terakhir acara MTQ diadakan di masjid Assasuttaqwa kurang lebih 11 atau 12 tahun yang lalu, dimana saat itu masjid baru tahap pembangunan. halaman masjid juga belum seperti sekarang ini. Ya, cukup lama. Alhamdulillah, pada pelaksanaan MTQ ke-55 ini bisa kembali dilaksanakan disini," Tuturnya.

Sementara itu, ketua panitia MTQ, Muhammad Jais, dalam laporannya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada warga khususnya kecamatan MB Ketapang yang telah memberikan banyak bantuan baik berupa dana maupun tenaga sehingga MTQ ke-55 tingkat kecamatan MB Ketapang dapat terlaksana dengan baik.

Baca Juga : Adu Gagasan di Makalah al Quran

Senada dengan itu, Camat Mentawa Baru Ketapang, Irfansyah dalam sambutannya berharap pelaksanaan MTQ ke 55 tingkat kecamatan MB Ketapang jangan hanya dimaknai secara seremonial semata, akan tetapi harus dijadikan sebagai momen mewujudkan generasi Qurani yang berakhlak mulia sehingga dapat menjawab setiap permasalahan masyarakat yang dihadapi.

Acara MTQ ke 55 tingkat kecamatan MB Ketapang selanjutnya dibuka secara resmi oleh Camat Mentawa Baru Ketapang diiringi dengan menabuh rebana bersama Bupati Kotawaringin Timur dan unsur pimpinan kecamatan terkait, serta dengan pesta kembang api yang meriah dan mewah.

Mengakhiri pembukaan MTQ ke 55 tingkat kecamatan MB Ketapang, Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor mengungkapkan apresiasinya kepada masyarakat kecamatan MB Ketapang yang secara antusias mengikuti pelaksanaan MTQ dengan suasana arena yang megah dan meriah. 

Dirinya juga menyampaikan rasa terimakasih kepada masyarakat Kotawaringin Timur yang telah melaksanakan pesta demokrasi Pemilu serentak 2024 dengan baik, sehingga pemilu dapat terlaksana dengan lancar, tertib dan damai.

Pada pelaksanaan MTQ ke 55 tahun 2024 tingkat kecamatan MB Ketapang tersebut bidang yang diperlombakan, yakni: Tilawah, Qiraat Sab'ah, Tartil, Tahfiz, Syarhil Qur'an, Fahmil Qur'an, Kaligrafi, Makalah Al Qur'an, Rebana, Hadroh dan Bintang Vokalis. [Kz]