Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

Adu Gagasan Di Makalah Al Qur'an

Sebanyak enam orang peserta tampil dalam adu gagasan pada bidang lomba Karya Tulis Ilmiah al Quran (KTIQ) pada MTQ ke 55 tahun 2024 tingkat ...


Sebanyak enam orang peserta tampil dalam adu gagasan pada bidang lomba Karya Tulis Ilmiah al Quran (KTIQ) pada MTQ ke 55 tahun 2024 tingkat kecamatan MB Ketapang yang dilaksanakan pada hari Ahad (3/3/3024) di SDN 4 Ketapang.

Ada dua tema yang menjadi bahasan dalam bidang lomba Karya Tulis Ilmiah al Quran sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) yang disampaikan oleh panitia, yakni: pertama, Merawat Kerukunan dalam Memperkokoh Semangat Kebangsaan, dan tema kedua, Moderasi Beragam Mewujudkan Sikap Toleransi.

Dari dua tema yang menjadi bahasan penulisan, peserta bebas memilih tema sesuai yang diinginkan. 

Bidang lomba yang tergolong baru jika dibandingkan dengan bidang lomba MTQ yang lain seperti tilawah, qiraat, tahfiz, syarhil, fahmil dan kaligrafi tersebut merupakan jenis bidang lomba yang bertujuan menyajikan kajian al Quran dalam bentuk karya tulis ilmiah populer.

Sebagai sebuah karya ilmiah populer yang berbasis pada kajian al Quran, maka tentu penyajian materinya harus dilakukan dengan memadukan pembahasan al Quran yang diulas secara ilmiah dengan bahasa yang lebih populer, dengan tulisan yang bersifat reflektif referensial, tematik dan kontekstual.

Baca Juga : Pembukaan MTQ ke-55 MB Ketapang Berlangsung Meriah

Dalam teknis pelaksanaannya, bidang lomba Karya Tulis Ilmiah al Quran dilaksanakan selama 8-9 jam, merupakan karya sendiri yang ditulis secara langsung sepanjang  10-15 halaman dengan jarak spasi 1,5 pt. Peserta dapat membawa referensi yang diperlukan, serta tidak diperbolehkan menggunakan koneksi internet maupun bentuk plagiasi.

Ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan, yakni menyangkut bidang bobot materi, bidang logika dan organisasi pesan, serta bidang kaidah dan bahasa. Dari ketiga penilaian tersebut, diambil juara dari skor nilai tertinggi. 

Pelaksanaan MTQ ke 55 tahun 2024 tingkat kecamatan MB Ketapang berlangsung di kompleks masjid Assasuttaqwa kelurahan Ketapang dari Kamis (29/2/2024) hingga Senin (4/3/2024). [Kz]