Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

Sambut Ramadhan 1445 H, PCNA Ketapang Adakan Giat Tarhib Ramadhan Untuk Anak

Bulan Ramadhan 1445 H tak terasa sebentar lagi akan tiba, suasana syahdu dan meriah sambut Ramadhan mulai nampak di masjid-masjid, pertokoan...


Bulan Ramadhan 1445 H tak terasa sebentar lagi akan tiba, suasana syahdu dan meriah sambut Ramadhan mulai nampak di masjid-masjid, pertokoan, sekolah, maupun acara-acara di TV.

Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah (PCNA) MB. Ketapang dalam kegiatan pengajian rutin untuk anak-anak yang dilakukan sebulan sekali, pada bulan Februari 2024 ini mengangkat tema Tarhib Ramadhan 1445H, yang dilaksanakan di gedung dakwah Muhammadiyah Sampit pada hari Ahad (18/2/2024). Dalam kegiatan ini para kader Nasyiah mengedukasi anak-anak dengan cara yang menyenangkan tentang apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang disunnahkan selama bulan Ramadhan, agar anak-anak dapat mengerti dan melakukannya dengan baik sesuai kemampuan mereka masing-masing.

Ustadzah Laila Syafera yang mengisi kajian Tarhib Ramadhan anak menjelaskan, pentingnya rukun Islam ke 4 ini, yaitu puasa wajib dibulan Ramadhan. Ia menjelaskan tentang apa itu puasa, yaitu suatu kegiatan menahan lapar dan haus dari terbit fajar sampai terbenam matahari yang diawali niat berpuasa.

Lewat pengajian ini, ustadzah Laila juga mengajarkan kepada anak-anak tentang rukun dan syarat sah puasa,  agar anak-anak dapat berlatih sejak dini menjalankan kewajiban berpuasa.


Yunda Radia, selaku Koordinator Bidang Dakwah PCNA MB. Ketapang, mengatakan bahwa pengajian ANak CErdas Nan Sholeh menjadI InsPirasi yang disingkat Ancen Siip, merupakan program kerja bidang dakwah dari PCNA MB. Ketapang yang launching sejak Januari 2023. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulannya dengan lokasi pengajiannya berpindah-pindah sesuai tema kajian yang diangkat. Tujuan dari pengajian Ancen Siip ini adalah untuk menambah dan menguatkan pengetahuan anak-anak tentang Islam, mengajarkan akhlak yang baik melalui kisah siroh para nabi dan sahabat nabi, selain itu untuk mengisi hari libur anak-anak dengan kegiatan yang positif.

Ketua PCNA Ketapang, Yunda Agus Setiawati, berharap dengan adanya kegiatan Tarhib Ramadhan ini, anak-anak dapat mempersiapkan diri  dengan antusias menyambut bulan suci Ramadhan 1445H, dan mereka memahami makna apa itu puasa wajib dan ibadah-ibadah sunah apa saja yang dilakukan selama bulan ramadhan.

Usai ustadzah Laila mengisi kajian, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dimana anak-anak yang dengan serius menyimak dan mampu menjawab pertanyaan dari ustadzah, diberikan doorprize. Hal ini menjadikan anak-anak sangat senang dan bersemangat selama mengikuti kajian anak Ancen Siip.

Semoga dengan hadirnya kegiatan pengajian anak ini membantu para orang tua untuk menjaga fitrah anak-anak dalam mengenal agamanya, yang kelak menjadi bekal untuk memimpin dan merawat bumi. 

[Ainnur Rahimah]