Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

Pesantren Ramadhan Ceria Bersama Pengajian Ancen Siip

Ada yang selalu ceria di Ramadhan 1445 H. Siapa lagi kalau bukan santri-santri kecil Taman Kanak-kanak (TK) dan Siswa-siswi Sekolah Dasar (S...


Ada yang selalu ceria di Ramadhan 1445 H. Siapa lagi kalau bukan santri-santri kecil Taman Kanak-kanak (TK) dan Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) yang dengan riang gembira mengikuti Pesantren Ramadhan 1445 H yang diadakan oleh Pengajian ANak CErdas Nan Sholeh menjadI InsPirasi (Ancen Siip) di Sampit dari tanggal 18 hingga 22 Maret 2024 di Masjid Al Muhajirin Komplek Perguruan Muhammadiyah Sampit.

Yunda Radia, selaku Koordinator Bidang Dakwah Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah (PCNA) Mentawa Baru (MB) Ketapang, mengatakan bahwa pengajian Ancen Siip, merupakan program kerja bidang dakwah dari PCNA MB. Ketapang yang dilaunching sejak Januari 2023. 

Sebanyak 45 anak dengan penuh semangat mengikuti semua rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir. Mereka nampak ceria dan bahagia, pasalnya pesantren Ramadhan Ancen Siip PCNA MB Ketapang dikemas dengan materi-materi yang  selaras dengan perkembangan jiwa anak diantaranya : Tadarus Al Qur'an juz 30, kisah sahabat Qois Al karni, Keistimewaan Ramadhan, kisah para nabi, dan berbagai jenis lomba (lomba rangking 1, mewarnai TK dan SD, lomba hafalan surah pendek) serta acara berbagi Takjil, dan khataman al Qur'an.

Para penyaji materi dipilih mereka yang selama ini konsen dengan kajian-kajian membangun generasi Qur'ani, yakni : Hj. Sri Rezeki Syachwani (Ketua ODOJ Kalteng) yang membawakan materi kisah sahabat Qois Al karni, Ustaz Aa Mughadded yang menyajikan materi keistimewaan bulan Ramadhan, Ustaz Andre Muana dengan materi Kisah Para Nabi, Ustazah Radia bagian Tadarus Al Qur'an dan Kataman, serta Yunda Dewi yang membimbing anak-anak dalam aksi berbagi takjil.

Menurut koordinator kegiatan, Yunda Radia, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mendapatkan Ilmu Keagamaan yang lebih mendalam, mempererat silaturahmi dan mempunyai banyak teman baru, semakin fasih membaca Al Qur'an, juga melatih anak-anak menjaga adab kepada orang tua. [Ar]