Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

Barang Bekasmu Bisa Bernilai Ibadah Lewat Barbeku Nasyiyah

BARBEKU NASYIAH (Barang Bekas Berkualitas) adalah agenda yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Kotawaringin Ti...


BARBEKU NASYIAH (Barang Bekas Berkualitas) adalah agenda yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Kotawaringin Timur (Kotim) setiap setahun sekali tepatnya di bulan Ramadan. 

Ini adalah salah satu program kerja Departemen Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah yang melibatkan seluruh kader Nasyiatul Aisyiyah Kotim. Kegiatan BARBEKU, dimulai dengan terima donasi, sortir barang bekas, hingga penjualan yang disebar berupa pamflet. 

BARBEKU Nasyiah cukup populer di kalangan masyarakat Kotim. Hal ini nampak dari banyaknya peminat masyarakat yang berdatangan ke Store BARBEKU yang beralamat di Gedung Muhammadiyah jalan RA Kartini No. 1 Sampit. 

Selain membeli sambil beramal, para pembeli barang bekas berkualitas adalah orang-orang yang peduli pada lingkungan. Ini karena mereka menggunakan lebih sedikit sumber daya alam dan biasanya mengurangi kerusakan lingkungan dibandingkan dengan membeli barang baru. 


Tujuan terselenggaranya BARBEKU Nasyiah adalah untuk mengurangi barang barang yang kita miliki di rumah kemudian didonasikan ke BARBEKU yang akan dijual kembali sebagai bagian dari amal. Barang-barang yang menurut kita sudah tidak layak digunakan, atau barangkali karena terlalu monoton dan membosankan, atau sebab kebanyakan barang hingga banyak yang mubazir, bisa jadi barang-barang tersebut masih sangat dibutuhkan oleh orang lain.  

Jadi dapat disimpulkan bahwa sebenarnya BARBEKU Nasyiah Kotim dengan menjual barang bekas berkualitas adalah untuk Amal. 

Banyak masyarakat yang bertanya, darimana dapatnya barang-barang bekas tersebut? Jelas dari para hamba Allah. Donatur baju bekas yang ada hingga sampai saat ini menjadi donatur tetap di BARBEKU Nasyiah atau donatur baru yang ikut bergabung, adalah mereka yang kelebihan isi lemarinya,  peralatan rumah tangganya, perabotan rumahnya sudah penuh, didonasikan melalui BARBEKU Nasyiah. Selanjutnya oleh Nasyiah, barang-barang tersebut lalu disortir yang masih sangat layak akan dijual kembali ke masyarakat dengan harga yang sangat murah dari 5000 sampai dengan 30.000 an. Bahkan tidak jarang, mereka yang mendonasikan ikut membeli barang yang tersedia.


Hasilnya Penjualannya untuk apa? Setiap tahunnya kader Nasyiah akan memberikan dan menyumbangkan, seperti sembako dan parcel lebaran kepada yang membutuhkan, serta untuk giat amal lainnya selama bulan Ramadan. Dari hasil penjualan barang bekas itulah, oleh Nasyiah akan dibelikan sembako, parcel lebaran dan dana santunan untuk dibagikan kaum duafa dan masyarakat yang membutuhkan. 

Senang banget bisa ikut menjadi bagian dari kebaikan, selain ikut sedekah donasi baju bekas, membeli sambil beramal beramal, ikut bersedekah. 


Maya Puspita Sari

(Ketua Departemen Infomasi dan tekhnologi Digital PDNA Kotim)