Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

Ketua FGM Kotim Hadiri Silatnas Guru Muhammadiyah di Bandung

Sekitar 300 peserta yang terdiri atas guru, Kepala Sekolah dan pengurus Forum Guru Muhammadiyah (FGM)  se Indonesia mengikuti Silaturahmi Na...


Sekitar 300 peserta yang terdiri atas guru, Kepala Sekolah dan pengurus Forum Guru Muhammadiyah (FGM)  se Indonesia mengikuti Silaturahmi Nasional (Silatnas) FGM pada Rabu (6/3/2024) yang digelar di Auditoriun Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Bandung.  

Acara yang mengusung tema “Peluang dan Tantangan Pengembangan Sekolah Muhammadiyah Tahun 2024” tersebut merupakan rangkaian Olympiade Ahmad Dahlan (Olympicad) ke-7 tahun 2024 yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Bandung dari tanggal 6 hingga 8 Maret 2024.

Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Pusat (PP) FGM, Sutomo menyampaikan bahwa Silatnas ini diadakan dengan tujuan untuk mempertahankan semangat mewujudkan guru Muhammadiyah yang profesional dengan terus memperbarui dan meningkatkan kemampuan serta pemikiran mereka. Menurutnya menjadi guru profesional adalah suatu proses yang tidak boleh berhenti.

Sutomo menambahkan bahwa kegiatan ini akan memberikan bekal bagi para guru dan kepala sekolah agar dapat mengupdate dan mengupgrade kemampuan mereka, kemudian dapat menerapkannya di wilayah masing-masing. Hal ini juga diharapkan dapat menciptakan suasana saling belajar dan modifikasi dalam proses pendidikan, terutama dalam konteks sekolah yang unggul dan berkembang.

“Visi unggul dan berkembang bagi saya lebih spesifik terkait dengan bagaimana kami ingin mewujudkan profesionalisme guru Muhammadiyah. Sebagai guru, harus memiliki keunggulan dan karakter yang kuat, terutama di era digitalisasi ini. Kami mendorong para guru untuk siap menghadapi perubahan tersebut,” papar Sutomo.

Sementara itu, ditengah-ditengah pelaksanaan Silatnas tersebut Ketua FGM Kotawaringin Timur, Muhammad Andre Muana  berkesempatan melakukan pertemuan langsung dengan Ketua Pimpinan Pusat FGM, Sutomo. Muhammad Andre, menyampaikan bahwa pertemuan tersebut dimaksudkan untuk membangun komunkasi yang lebih aktif antara FGM Kotim dengan FGM Pusat. 

"Pertemuan khusus tersebut amat penting bagi gerak langkah FGM Kotim kedepan, sebab banyak pesan-pesan yang beliau sampaikan untuk kemajuan guru khususnya di Kotim dan secara umum pendidikan Muhammadiyah,"Tuturnya.

Menurutnya, ada pesan mendalam yang disampaikan oleh Ketua Pimpinan Pusat FGM, yakni agar para pendekar - pendekar pendidikan di Kabupaten Kotawaringin Timur untuk terus bersemangat dalam memajukan dan mewujudkan Sekolah Unggul dan berkemajuan.

"Dan beliau memberikan semangat untuk menyuskseskan PPDM 2024/2025 untuk semua Amal Usaha Muhammadiyah baik dari tingkat TK/ABA, SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA yang berada di Kabupaten Kotawaringin Timur. Terakhir beliau memberikan yel-yel untuk Forum Guru Muhammadiyah di Kotim bersama dengan ketua FGM Kotim, berselogan "FGM Kotim MAJU JAYA"."Tambahnya.

Serangkaian dalam acara Silatnas tersebut, Kartu Tanda Anggota Forum Guru Muhammadiyah (FGM) resmi diluncurkan pada Kamis (7/3/2024) siang. Dimana dengan adanya KTA tersebut harapannya dapat semakin meningkatkan semangat para guru  untuk terlibat langsung di forum guru sehingga ada gerak tersendiri untuk mewujudkan guru yang unggul, profesional, dan berkemajuan. [ Kz]