Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

Sebanyak 95 Aktivis Muhammadiyah Kalteng, Diberangkatkan Umrah Secara Gratis

Sebanyak 95 Kader Muhammadiyah Kalimantan Tengah (Kalteng), diberangkatkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah secara gratis untuk menunai...


Sebanyak 95 Kader Muhammadiyah Kalimantan Tengah (Kalteng), diberangkatkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah secara gratis untuk menunaikan ibadah umrah. Hal ini sebagaimana tertuang dalam surat yang dikeluarkan oleh Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah nomor 450/50-1.E/I-12/Kesra/2023, bahwa pemberangkatan aktivis Muhammadiyah dan tokoh-tokoh agama Islam adalah sebagai bentuk apresiasi terhadap pembinaan dan pengembangan mental spiritual umat beragama di Provinsi Kalimantan Tengah.

Kader dan aktivis Muhammadiyah Kalimantan Tengah tersebut berasal dari Unsur Pimpinan Muhammadiyah baik tingkat wilayah, daerah, dan cabang, dan pimpinan Organisasi Otonom Muhammadiyah  (Ortom) yang juga tingkat wilayah, daerah dan cabang. Dengan kriteria persyaratan sebagaimana tertulis dalam surat Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, mereka yang diberangkatkan, belum pernah menjalankan ibadah haji maupun umrah.

Sesuai dengan surat undangan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah, para kader/aktivis Muhammadiyah yang diajukan, selanjutnya diundang untuk mengikuti manasik umrah yang dilaksanakan pada Jumat (8/3/2024) yang bertempat di masjid Darul Arqam PW Muhammadiyah. 

Dalam sambutannya, H.M. Syairi Abdullah (Wakil Ketua PWM Bidang Tabligh, Pembinaan Haji dan Umroh & Dakwah Komunitas PWM Kalteng), menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas diberangkatkannya kader-kader dan aktivis Muhammadiyah dan Ortom untuk menunaikan ibadah umrah, dan berharap dengan perjalanan ibadah spiritual tersebut kader-kader Muhammadiyah akan semakin militan dan bersemangat dalam pembinaan umat melalui organisasinya masing-masing. Ia kemudian membuka secara resmi  kegiatan manasik umroh khusus untuk kader Muhammadiyah yang mendapatkan umrah gratis dari Pemprov Kalteng.  

Usai pembukaan, H. Muhammad Yamin Mukhtar, (Ketua Majelis Tarjih PWM) langsung memimpin pelatihan manasik sesuai tuntunan Tarjih Muhammadiyah, mulai dari syarat dan rukun umrah hingga praktik memakai kain ihram.

Diakhir pelatihan manasik H.M. Syairi Abdullah berpesan agar jamaah umrah Muhammadiyah tetap menjaga kekompakan, menjaga kesehatan, menghindari perbuatan sia-sia, fokus pada ibadah terutama kloter ini yang merupakan kloter istimewa karena bertepatan dengan bulan Ramadhan.  

Pada Sabtu (9/3/2024) jamaah umrah Muhammadiyah Kalteng, kemudian mengikuti bimbingan manasik umrah yang diselenggarakan oleh agen travel yang ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, selanjutnya berangkat ke Surabaya pada hari Ahad (10/3/2024) dan diteruskan berangkat ke Jeddah Arab Saudi pada hari Senin (11/3/2024). [Ainnur Rahimah]